Rabu, 11 Desember 2019

ALL ABOUT BANQUET

1. Pengertian Banquet

Banquet dalam terjemahan bahasa indonesia berarti perjamuan. Sedangkan arti banquet adalah pelayanan suatu acara yang sudah dipesan dan direncanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan-minuman, ruangan dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu.

2. Struktur Organisasi Banquet dan Tugasnya

Hasil gambar untuk struktur organisasi banquet

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab organisasi banquet antara lain :
1. Banquet Manager
a) Bertanggung jawab atas kelancaran banquet section dalam melayani function
b) Bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengarahkan seluruh pramusaji
c) Mengikuti dan menghadiri food and beverage meeting yang diselenggarakan oleh food and beverage manager
2. Assistant Manager
Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab dari Banquet Manager  dalam menangani tugasnya sehari-hari juga memikul tanggung jawab dari Banquet Manager apabila berhalangan datang. Memberikan briefing  serta pengawasan selama berlangsungnya acara.

3. Head Waiter
a) Bertanggung jawab atas jalannya operasional
b) Bertanggung jawab terhadap pelayanan hidangan dan ketetapan hidangan penyajian
c) Membuat membuat schedule kerja semua staff banquet operation
d) Menangani keluhan tamu, apabila ada complaint pada saat acara berlangsung

4. Captain
a) Membantu dan mengawasi jalannya operasional
b) Mewakili head waiter apabila berhalangan hadir
c) Membantu waiter dalam melayani tamu
d) Memelihara hubungan yang baik dengan pramusaji untuk kelancaran operasinya

5. Banquet Waiter
a) Mengikuti briefing harian yang diselenggarakan oleh head waiter
b) Melakukan table set-up
c) Melakukan persiapan untuk setiap acara
d) Memberikan untuk setiap acara
e) Membersihkan peralatan yang kotor
f) Memelihara peralatan banquet
g) Mengantar linen yang kotor ke laundry dan mengambil linen yang bersih ke housekeeping
h) Menghadiri program training

6. Banquet Bush Boy
        Untuk tugas-tugas Bush boy umumnya adalah membantu dari pada tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh waiter

3. Lay Out Banquet dan Meeting Equipment

1. THEATER STYLE

2. CLASSROOM STYLE

3. BOARDROOM STYLE

4. U-SHAPE STYLE

5. ROUND TABLE STYLE
Banquet Style Meeting room setup

6. HOLLOW SQUARE STYLE

Pada dasarnya, ada beberapa perlengkapan yang dapat mendukung berjalannya sebuah rapat, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • White board lengkap dengan spidol dan penghapus.
  • Flip chart lengkap dengan spidolnya.
  • LCD Projector atau OHP (Over Head Projector) lengkap dengan layarnya.
  • Sound system lengkap dengan mikroponnya.
  • Map atau tas yang dipergunakan untuk menempatkan bahan-bahan rapat.
  • Block note dengan bolpointnya.
  • Name tag untuk peserta.
  • Komputer atau laptop.
  • Podium atau mimbar
4. menset-up table setting

Dalam melakukan table setting seorang waiter harus mempunyai satu pedoman dalam melaksanakan tugasnya karena variasi table setting sangat banyak. Secara garis besar langkah-langkah melakukan table set-up yang digunakan sebagai pedoman dasar adalah sebagai berikut :
  • Menyiapkan silverware dalam keadaan yang bersih dan siap untuk dipakai.
  • Memasang moulton.
  • Memasang taplak meja (laying cover) dapat dilihat pada bahasan memasang taplak meja.
  • Meletakkan table accesories (flower vase, ashtray, ménage, table number). Dengan ketentuan flower vase diletakkan tepat ditengah meja makan sebagai patokan untuk meletakkan table assesories yang lainnya. Table number diletakkan menghadap pintu utama.
  • Letakkan show plate di tengah sisi meja makan dengan jarak 2 cm dari tepi meja.
  • Meletakkan cutlery dan silverware dimulai dari dinner knife dan dinner fork. Dinner knife diletakkan dibagian sisi kanan show plate dengan bagain mata pisau menghadap ke dalam. Jarak antara keduanya diperkirakan cukup untuk meletakkan dinner plate show plate yaitu ± 26 cm. sedangkan dinner fork diletakkan disebelah kiri show platesejajar dengan dinner knife. Kedua alat ini merupakan dasar untuk meletakkan alat yang lainnya.
  • Letakkan silverware yang lainnya sesuai dengan jenis hidangan dan diletakkan sesuai dengan pedoman meletakkan alat silverware.
  • Silverware jenis garpu (fork) selalu diletakkan disebelah kiri kecuali yang tidak mempunyai pasangan seperti shrimp fork, oyster fork, sea food fork (dipakai untuk hidangan appetizer).
  • Meletakkan water goblet ± 2cm berada diatas dinner knife. Jika water goblet diikuti dengan gelas wine lainnya, pemasangannya diletakkan dibawah water goblet posisinya sejajar atau serong membentuk sudut 45º C dari tepi meja.
  • Bread and butter plate (B&B plate) disebelah kiri garpu ± 3 cm, sedangkan butter spreader diletakkan diatas piring B&B plate.
  • Letakkan guest napkin diatas show plate.

5. Room Service

Pengertian Room Service
          Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atautempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service juga biasa disebut “In-RoomDining”.
          Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Jika restorandan bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room servicememiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di kamar-kamar hotelatau apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan,,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.

Operasi roomservice meliputi :
a. Taking Order
Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui teleponataupun tertulis melalui door knob menu.
b. Preparation
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware,silverware, glassware, cutleries, napkin, dll termasuk ruang kerja. Menjaga agar segalasesuatunya siap untuk operasi room service.
c. Service/Delivery
Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu, baik yangmengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu, dan nomor kamar pemesan, serta alat-alat yangdipergunakan.
d. Clear Up
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan danmembersihkan area pelayanan kamar.

sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Banquet 

https://slideplayer.info/slide/13206915/79/images/10/Struktur+Organisasi+Banquet+Manager+Asst+Banquet+manager+Captain.jpg

http://perhotelanword.blogspot.com/2017/04/tugas-dan-tanggung-jawab-banquet.html
http://kerjakerasdapetduit.blogspot.com/2015/12/tugas-dan-tanggung-jawab-banquet.html

https://medium.com/@lpssurattlt/types-of-banquet-setups-e189f9260730
https://setupmyhotel.com/train-my-hotel-staff/f-and-b/490-banquet-room-setup-styles.html

http://ujiansma.com/delapan-peralatan-dan-perlengkapan-inti-rapat

http://trainingmkogroup.blogspot.com/2017/06/table-setting.html

https://dianmahayanti.wordpress.com/f-b-service-2/room-service/pengertian-room-service/

1 komentar: